Bobby Adhityo Rizaldi Minta Pemerintah Tindak Tegas Gerakan Separatis di Papua

Tindakan separatisme oleh Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Papua terus berlanjut. Terbaru Kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar rumah di samping Tower Telkom, Kampung Kago, Papua, Sabtu (18/2/2023).

Selain itu kelompok tersebut juga melakukan penyerangan kepada aparat TNI/Polri di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), yang juga anggota Komisi I DPR RI H Bobby Adhityo Rizaldi menyikapi peristiwa tersebut, meminta pemerintah menindak tegas semua pihak yang melakukan aksi rasialisme dan separatis di Papua.

Menurutnya, selain tindakan tegas, dialog yang setara dan partisipatif antara pusat dan daerah harus terus dilakukan secara intensif.

Selain itu, Bobby juga meminta pemerintah mengintensifkan dialog yang setara dan partisipatif antara pusat dengan daerah. Terutama dengan pemangku kepentingan di wilayah Papua.

Ketua DPD Partai Golkar Sumsel ini meyakini, dengan dialog akan ditemukan persoalan-persoalan mendasar yang dituntut oleh sebagian masyarakat Papua terkhusus, mereka yang masih bergabung dalam KKB.
“Dengan dialog masyarakat adat Papua memiliki usulan terkait pembangunan. Sehingga, pembangunan yang diupayakan pemerintah bersifat bottom-up. Karena mungkin mereka di sana ada beberapa unsur-unsur usulan pembangunan yang sifatnya bottom-up. Selama ini karena memang ada kesulitan untuk bersinergi dalam kesetaraan, itu semua program pembangunan itu adalah top-down,” papar dia.

Bobby mengakui secara keseluruhan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo Papua semakin maju melalui berbagai program yang dicanangkan.

“Pintu dialog diharapkan dapat mencari jalan keluar terhadap persoalan-persoalan yang selama ini belum tersentuh,” tandasnya.