Anggota DPR: Pengangkatan Suryo Prabowo Jadi Ketua Pelaksana KKIP Relevan dengan Rekam Jejaknya

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar Bobby Rizaldi mengatakan, Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal (Purn) Suryo Prabowo memiliki rekam jejak karier yang relevan untuk menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan ( KKIP).

Menurut Bobby, seseorang yang mengisi jabatan itu harus mengerti masalah alutsista dan industri pertahanan.

“Jejak rekam Pak Suryo Prabowo sebagai Wakasad dan Kasum cukup relevan dengan jabatan ini,” kata Bobby saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Ia mengatakan Suryo layak diberikan kesempatan untuk mengemban tugas itu, meski menurut Bobby ada sosok lain yang lebih kompeten. Bobby pun berpendapat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto harus membuktikan penunjukkan Suryo mampu membawa dampak signifikan terhadap industri pertahanan dalam negeri.

“Ini juga tes obyektivitas dari Menhan, apakah dengan komposisi ini bisa mencapai target peningkatan kapasitas industri pertahanan dalam negeri dari periode sebelumnya,” ujarnya. Selain itu, dia mengatakan, penunjukan Suryo ini merupakan bukti kelapangan dada Presiden Joko Widodo.

Sebab, Suryo diketahui kerap mengkritik Jokowi. “Sekali lagi kita lihat jiwa besar Presiden Jokowi, dan ini patut di apresiasi, karena beliau adalah sekaligus Ketua KKIP, dibantu Menhan dan Wamenhan sebagai Ketua Harian dan Sekretaris KKIP,” ucap Bobby.

Kabar pengangkatan Suryo sebagai Ketua Tim Pelaksana KKIP disampaikan oleh Karo Humas Setjen Kemhan RI, Brigjen TNI Djoko Purwanto dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12/2020).

KKIP diketahui merupakan komite yang mewakili pemerintah untuk mengoordinasikan kebijakan nasional dalam perencanaan, perumusan, pelaksanaan, pengendalian, sinkronisasi, dan evaluasi industri pertahanan.

Penunjukan Suryo pun mendapat sorotan. Sebab, selama ini purnawirawan jenderal bintang tiga itu kerap mengkritik Jokowi. Suryo juga diketahui dekat dengan Prabowo sejak cukup lama. Bahkan, saat Prabowo mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilihan Presiden 2014 dengan Hatta Rajasa, Suryo telah bergabung ke dalam tim pemenangannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anggota DPR: Pengangkatan Suryo Prabowo Jadi Ketua Pelaksana KKIP Relevan dengan Rekam Jejaknya”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/12/17/13400791/anggota-dpr-pengangkatan-suryo-prabowo-jadi-ketua-pelaksana-kkip-relevan.

Penulis : Tsarina Maharani
Editor : Bayu Galih