Konflik Iran-AS, Kemenlu Diminta Bersiap Evakuasi WNI

Sumber Foto: Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi meminta Kementerian Luar Negeri mengantisipasi kemungkinan terburuk dari eskalasi antara Iran dan Amerika Serikat. Menurut dia, Kemenlu lewat perwakilan RI di Iran, Irak, dan negara Timur Tengah lain harus bersiap untuk melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia di sana jika situasi semakin memburuk.

“Saya berharap semua Kedubes RI di negara-negara Timur Tengah siap untuk rencana evakuasi WNI,” kata Bobby kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).

Untuk saat ini, Bobby mengapresiasi langkah Kemenlu yang segera membuat notifikasi contingency plan atau rencana darurat. Ia berharap perwakilan RI di Iran, Irak, dan sekitarnya dapat terus proaktif berkomunikasi dengan WNI di sana. “Sehingga, tidak ada korban baik dari WNI maupun diaspora,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Konflik Iran-AS, Kemenlu Diminta Bersiap Evakuasi WNI “, https://nasional.kompas.com/read/2020/01/09/14202201/konflik-iran-as-kemenlu-diminta-bersiap-evakuasi-wni.
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Icha Rastika