Wujudkan Impian Raih Piala Adipura, Pemkab Ogan Ilir Percantik Kota

SRIPOKU.COM, INDRALAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI), menargetkan untuk meraih Piala Adipura di Tahun 2014 mendatang. Untuk itu, sejak saat ini Pemkab mulai melakukan pembenahan peremajaan dua tugu khususnya tugu yang berada di wilayah Muara Meranjat dan Tanjung Raja.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Pemkab OI Asmiran didampingi Kabid Program Prasarana, Tata Lingkungan Andi Marbayu mengungkapkan dibangunnya dua tugu tersebut Untuk mewujudkan impian guna mendapatkan Piala Adipura di tahun 2014 mendatang.

“Kita terus melakukan pembenahan, dimulai dari mengerahkan puluhan tenaga kebersihan yang sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu,” ungkap Andi Marbayu, Jumat (11/10/2013).

Berdasarkan pantauan Sripoku.com, sejak dua hari yang lalu, khususnya tenaga kebersihan di lokasi tersebut sudah dikerahkan sejak pagi hari hingga menjelang sore hari.

Sedangkan pembangunan dua tugu kota di simpang Muara Meranjat dan Tanjung Raja sudah berjalan sejak beberapa pekan yang lalu.

Untuk rancangan dua tunggu peninggalan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut sama seperti sebelumnya, hanya dilakukan perapian dan perubahan bentuknya saja.

Kemudian tugu di simpang Muara Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan akan dibuat sebagai ciri khas daerah tersebut, seperti pejuang yang tampilannya tidak jauh beda dengan patung di Timbangan Kelurahan Timbangan.

“Mudah-mudahan di tahun 2014 mendatang piala yang belum pernah kita raih ini, bisa dibawa ke Ogan Ilir,” ujarnya.

Mengenai anggaran kedua tugu ini lanjutnya, mengunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2013.

“Untuk nilainya, tugu Tanjung Raja Rp520 juta, sedangkan tugu simpang Muara Meranjat Rp400 juta,” ungkapnya.

Terpisah Kabid Tata Kota Dinas Kebersihan dan Tata Kota Kabupaten Ogan Ilir, Kasman Gani mengakui bahwa pembangunan dua tugu tersebut untuk mempercantik kota.

“Bisa dikatakan penunjang penilaian adipura. Namun, untuk indikator tidak,” katanya.

Dimana, katanya, untuk indikator penilaian adipura itu adalah seperti, pasar, sekolah, penghijauan.

“Yang jelas, dengan dirapikannya dua tugu tersebut, bisa menjadi perhatian pihak penilai,” jelasnya. (Beri Supriyadi)

 

Sumber

http://palembang.tribunnews.com/2013/10/11/wujudkan-impian-raih-piala-adipura-pemkab-ogan-ilir-percantik-kota