Mendesak, pembangunan kilang minyak di dalam negeri

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengharapkan penambahan armada kilang minyak guna memasok ketersediaan produksi minyak mentah di dalam negeri.

Anggota Komisi VII DPR, Bobby Rizaldi menjelaskan, dengan produksi minyak yang kini sudah mencapai 840 ribu barel per hari (bph), akan sangat penting bagi Indonesia untuk menambah armada kilang. “Kita produksi 840 ribu bph. Namun kami sendiri tahu sesuai production sharing contract (PSC) ada post recovery jadi produksi minyak secara total yang diterima hanya berkisar 500-600 ribu bph. Namun kebutuhan kita per harinya 1,2 juta bph,” kata Bobby di Jakarta, Senin (8/7/2013).

Bobby menambahkan, dengan kebutuhan minyak mentah yang cukup besar, kapasitas kilang minyak milik pemerintah tidak cukup memadai untuk diolah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). “Karena itu kenapa sudah sejak lama kita tidak pernah tambah kilang dengan kebutuhan minyak yang besar?”, ujar Bobby.

Menurut dia, kapasitas kilang minyak di Indonesia hanya berkisar 500 ribu bph. Dari hasil produksi minyak yang sebesar 550-600 ribu bph setelah dipotong cost recovery, maka sisanya produksi tersebut diekspor lantaran tidak memadainya kapasitas kilang dalam negeri. kbc11

 

Sumber

http://kabarbisnis.com/read/2840243