Bobby Rizaldi: Produksi Minyak Mentah Nasional Hanya 600 Ribu BPH

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, Bobby Rizaldi mengemukakan, sebenarnya produksi minyak mentah nasional hanya mencapai 550-600 ribu barel per hari. Pasalnya, capaian produksi minyak mentah ini memakai sistem production sharing contract (PSC) terkait cost recovery.

“Karena kita punya sistem bagi hasil, maka pemerintah hanya dapat minyak sekitar 600 ribu bph. Karena itu, sesungguhnya produksi kita saat ini sesungguhnya sangat minim dibanding kebutuhan,” katanya di Jakarta, Senin (8/7).

Dengan produksi saat ini, lanjut Bobby ada pergeseran paradigma yang dilakukan pengawas hulu migas yaituu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Biobby menjelaskan, meski menjadi net importir minyak, kegiatan hulu migas masih berkontribusi besar terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat ini pengelolaan penerimaan pendapatan dari sektor hulu migas harus dioptimalkan sehingga bisa membantu APBN.

“Ada pun yang mendorong hal itu adalah dengan memperbanyak penemuan-penemuan cadangan baru agar target penerimaan di APBN juga tercapai,” tandasnya.

 

Sumber

http://pmeindonesia.com/berita-migas/1122-bobby-rizaldi-produksi-minyak-mentah-nasional-hanya-600-ribu-bph