Politisi Golkar Desak SBY Umumkan Segera Kenaikan Harga BBM

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar, Bobby Rizaldi mendesak Pemerintah segera mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Dia menegaskan, kenaikan BBM tidak perlu dikonsultasikan di DPR RI. Karena UU APBN 2013 menyatakan kenaikan harga BBM subsidi merupakan domain pemerintah.

“Jadi pak SBY jangan mengaitkannya lagi dengan DPR soal penyesuaian harga BBM,” tegas Politisi Golkar ini kepada Tribunnews.com, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Karena itu, menurutnya kenaikan BBM sebaiknya langsung saja diumumkan pemerintah. Yang memerlukan konsultasi dengan DPR adalah terkait kompensasi kenaikan tersebut (BLT)–yang membuat penghematan APBN.

“Apakah dialihkan ke infrastruktur energi atau lainnya, itu yang perlu konsultasi dengan DPR RI,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, Presiden SBY berharap agar UU APBN-P 2013 sudah disetujui DPR pada Mei ini agar harga BBM bisa dinaikkan. Alasannya, kondisi fiskal dan APBN 2013 sudah tidak sehat lantaran subsidi BBM sudah terlalu besar.

Menurut Presiden, kenaikan harga BBM akan dilaksanakan jika DPR setuju. Pemerintah juga tengah mempersiapkan berbagai hal mengenai kompensasi untuk rakyat miskin yang terkena dampak kenaikan BBM. Adapun angka kenaikan BBM masih dihitung.

“Jika DPR sepakat, dana kompensasi dan bantuan masyarakat sudah siap, maka kenaikan harga BBM dengan jumlah tertentu akan kami berlakukan,” kata Presiden.

 

sumber