Kementerian ESDM akan Alihkan Dana Pembangunan Kilang

Jakarta, EnergiToday — Rencananya Kementerian ESDM akan mengalihkan sebagian anggaran pembangunan kilang, di mana dana yang dibutuhkan untuk membangun kilang sekitar Rp 17 miliar.

Menurut Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Edi Hermantoro, terjadinya perubahan rencana pembangunan kilang pada tahun 2013, yang mana proyek kilang baru berkapasitas 300.000 barel per hari (bph) ini akan dirampungkan sampai dilakukannya rekayasa dasar (basic engineering) sehingga anggarannya mencapai Rp 250 miliar.

Namun, tambah Edi, rencana tersebut diubah hanya sampai penyelesaian studi kelayakan (feasibility studies/FS) saja yang nilai anggaranya sebesar Rp 17 miliar.

Edi mengungkapkan, adanya perubahan rencana pembangunan tersebut karena produk kilang yang diinginkan berubah. Dan kilang akan menghasilkan produk aromatik selain bahan bakar minyak (BBM) seperi rencana semula.

Akan tetapi, untuk memastikan produk apa nantinya yang akan dihasilkan, maka Kementerian menginginkan FS proyek ini segera dirampungkan terlebih dahulu, jelasnya.

Nantinya, pemerintah akan membentuk satuan tugas yang bertanggung jawab dalam proses pembanguna proyek yang mana hal tersebut dilakukan untuk mematikan proyek akan berjalan lancar. tegasnya.

 

Sumber