Wacik: Tunggu 2 Hari, Ada Wamen Baru

INILAH.COM, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik memastikan tidak akan lama lagi mendapat Wakil Menteri ESDM baru sepeninggal Almarhum Widjajono Partowidagdo.

Demikian disampaikan Menteri ESDM, Jero Wacik saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta Selasa (12/6/2012). “Tunggu saja ya, satu sampai dua hari ke depan. Presiden SBY yang akan menunjuk. Itu kan hak prerogatif Presiden,” ungkap Wacik.

Meski enggan untuk menyebutkan nama calonnya, namun Wacik sedikit membeberkan ciri-cirinya, bahwa orang yang akan mengisi jabatan Wamen adalah ahli dalam bidang migas dalam negeri.

Namun, kabar beredar calon tersebut akan dipilih dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) yaitu Deputi Pengendalian Operasi BP Migas, Rudi Rubiandini. “Ya enggak tahu saya, tunggu saja. Sabar, satu-dua hari lah,” jelasnya.

Sementara Anggota Komisi VII DPR, Bobby Rizaldi menilai pemilihan Rudi Rubiandini keputusan yang sangat tepat mengingat kapabilitasnya sangat mumpuni di bidang migas.

“Pak Rudi rekam jejaknya sangat mumpuni di bidang akademik, dia sudah pernah merasakan menjadi birokrat di BP Migas, sehingga bisa implementasi gap antara gambaran ideal akademis dengan praktik industri secara riil. Pilihan tersebut sangat tepat, apalagi 35% APBN berasal dari sektor migas hulu,” kata Bobby.

Bobby berharap terpilihnya Rudi diharapkan dapat meningkatkan kinerja ESDM yang cenderung menurun. “Kita berharap Menteri ESDM dapat bekerjasama dengan beliau sehingga Menteri dapat memberikan terobosan dalam bidang energi selama beberapa tahun kedepan,” ujarnya. [Inilah.com]