Israel Lolos Piala Dunia U-20, Anggota DPR Bicara ‘Sialnya’ PSSI

 

Jakarta – Tim sepakbola Israel menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, meminta pemerintah harus menjamin keamanan tim dan ofisial serta mitigasi risiko saat acara olahraga itu digelar.
“Bila itu sudah menjadi keputusan, sebagai tuan rumah pemerintah harus menjamin keamanan tim dan ofisialnya dan mitigasi risiko lainnya,” kata Bobby saat dihubungi, Senin (27/6/2022).

Bobby mengatakan bukan pertama kalinya atlet Israel bertandang ke Tanah Air. Bobby teringat atlet Israel pernah ditolak masuk RI pada tahun 2015, tapi akhirnya tetap dapat bertanding.

“Ini bukan pertama kalinya, pebadminton Israel Misha Zilberman pernah sempat ditolak masuk RI, tapi akhirnya bisa bertanding juga tahun 2015. Dalam IPU ke-144 di Bali Maret kemarin, juga delegasi Israel hadir,” lanjutnya.

Bobby lantas mengatakan kedatangan Israel tersebut bukan berarti Indonesia membuka hubungan diplomatik. Bobby mengatakan sikap politik luar negeri Indonesia tegas mendukung kemerdekaan Palestina.

“Ini tidak berarti serta-merta menjadi awal dibukanya hubungan diplomatik dengan Israel. Sudah final bahwa selama penjajahan di Palestina masih berlangsung, tidak akan dibuka bilateral relation tersebut,” katanya.
Bobby menilai PSSI harus menerima kedatangan timnas Israel di acara Piala Dunia U-20 2023 karena terikat dengan peraturan penyelenggara acara internasional. Dia menyebut gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia kali ini ‘sial’ lantaran Israel lolos sebagai salah satu peserta.

“Hal ini karena PSSI terikat dengan peraturan-peraturan penyelenggara event Internasional, yang ‘sial’-nya, Israel bisa lolos sebagai peserta,” kata dia.

Israel memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Kepastian Israel meraih tiket Piala Dunia U-20 menjadi polemik di Indonesia. Apalagi kedua negara tak punya hubungan diplomatik, dengan Indonesia lebih condong mendukung kemerdekaan Palestina.

Adapun PSSI maupun pemerintah sudah menegaskan bahwa Israel akan diterima kedatangannya. Pemerintah sudah jauh-jauh hari mengantisipasi potensi lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 mendatang.

“Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement dengan pemerintah tahun lalu, siapa pun yang ikut bisa datang,” kata Iriawan di sela-sela latihan timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (23/6).

“Ini sepakbola, jadi nggak ada masalah. Israel tetap akan kami akomodir. Itu terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu berkaitan Israel,” ujarnya menambahkan.

“Ya dia (Israel) tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas dari 2019, semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain,” tutur Menpora Zainudin Amali di kesempatan terpisah.

“Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main,” ucapnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-6148762/israel-lolos-piala-dunia-u-20-anggota-dpr-bicara-sialnya-pssi.