Konflik Iran dan AS, DPR Minta Pemerintah Indonesia Segera Keluarkan Notifikasi Contingency Plan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) –Pembunuhan Panglima Militer Iran Qossem Soleimani yang dilakukan oleh Amerika menyulut ketegangan antara kedua belah pihak. Iran menyatakan akan membalas serangan Amerika.

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengimbau pemerintah Indonesia segera membuat Notifikasi Contingency Plan atau rencana darurat untuk mengantisipasi kejadian di luar dugaan kepada Kedubes-Kedubes Indonesia di wilayah sekitar Iran atau Timur Tengah.

“Pemerintah harus fokus menjamin keselamatan warganya dan segera membuat Notifikasi Contingency Plan Kedubes-kedubes yang berada di sekitar wilayah Iran, sehingga tidak ada korban baik dari WNI maupun diaspora,” kata Bobby, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Tentu, lanjut Bobby, jika ketegangan ini terus berlanjut dan pada akhirnya terjadi eskalasi perang maka pemerintah melalui Kedubes-Kedubes RI yang ada di negara-negara Timur Tengah harus bersiap untuk rencana evakuasi WNI.

“Saya berharap semua Kedubes RI di negara-negara Timur Tengah siap untuk rencana evakuasi WNI,” ungkapnya.
Selain itu, isu ketegangan dari Amerika-Iran ini tentu akan berdampak pada hal lainnya. Menurut Anggota Banggar dari Fraksi Golkar ini, pemerintah harus bersiap-siap dan mengantisipasi terhadap efek global yang akan ditimbulkan, mulai dengan kenaikan harga minyak dunia hingga melemahnya nilai tukar uang.
“Pemerintah dalam keadaan darurat harus memiliki kemampuan dana yang lebih untuk mengantisipasi kejadian darurat yang berakibat signifikan. Semisal, nilai tukar yang melemah dan berpengaruh terhadap suplai kebutuhan masyarakat berkurang atau melemah,” paparnya.
Bobby yakin pemerintah pada tahun anggaran 2020 ini sudah lebih siap dengan hal-hal yang di luar dugaan. Hal ini dikarenakan APBN 2020 memiliki defisit terendah sepanjang masa sehingga pemerintah memiliki ruang fiskal yang cukup fleksibel dalam hal-hal darurat atau mengalami resesi ekonomi. (Al)

Artikel ini telah tayang di http://www.teropongsenayan.com/108592-konflik-iran-dan-as-dpr-minta-pemerintah-indonesia-segera-keluarkan-notifikasi-contingency-plan pada Kamis, 09 Jan 2020 – 11:02:38 WIB