Iran-AS Memanas, DPR Minta Pemerintah Susun Rencana Evakuasi WNI

Foto satelit kondisi Pangkalan udara Al Asad di Irak usai di serang Iran. Foto: Planet/Handout via REUTERS Sumber foto : kumparan.com

Iran dan Amerika Serikat terus memanas usai Panglima Militer Iran Qossem Soleimani terbunuh. Iran menyatakan akan membalas serangan Amerika. Iran kemudian menghujani pangkalan militer AS di Irak dengan rudal.
Menyikapi kondisi yang semakin memanas, Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, meminta agar pemerintah segera menyiapkan rencana evakuasi untuk WNI. Sehingga bila kondisi semakin memanas proses evakuasi segera dilakukan.
“Saya berharap semua Kedubes RI di negara-negara Timur Tengah siap untuk rencana evakuasi WNI,” kata Bobby dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/1).
Pemerintah saat ini memang sudah menerbitkan notifikasi Contingency Plan kepada Kedubes Indonesia di wilayah sekitar Iran atau Timur Tengah.
Contingency plan merupakan rencana darurat untuk mengantisipasi kejadian di luar dugaan. Hal ini untuk menjamin keselamatan warga Indonesia di wilayah yang tengah memanas.
“Pemerintah harus fokus menjamin keselamatan warganya dan segera membuat notifikasi Contingency Plan Kedubes-kedubes yang berada di sekitar wilayah Iran, sehingga tidak ada korban baik dari WNI maupun Diaspora,” tambah dia.
Sehingga dengan adanya pemberitahuan tersebut, maka Kedubes Indonesia di sekitar wilayah Iran siap mengevakuasi warga Indonesia jika kondisi terus memanas.
Selain itu, memanasnya hubungan Iran dan Amerika dinilai dapat menimbulkan efek global seperti melambungnya harga minyak hingga pelemahan nilai tukar uang. Maka, menurutnya, pemerintah harus menyiapkan dana lebih untuk mengantisipasi kondisi ini.
“Pemerintah dalam keadaan darurat harus memiliki kemampuan dana yang lebih untuk mengantisipasi kejadian darurat yang berakibat signifikan. Semisal, nilai tukar yang melemah dan berpengaruh terhadap suplai kebutuhan masyarakat berkurang atau melemah,” ujar dia.
Artikel ini  telah tayang di https://kumparan.com/kumparannews/iran-as-memanas-dpr-minta-pemerintah-susun-rencana-evakuasi-wni-1sbnTh4tb6O?utm_source=kumApp&utm_campaign=share&shareID=es0MRTT1EvvH pada tanggal 9 Januari 2020 14:44