Ditunda, Pembahasan Pembatasan BBM

JAKARTA–MICOM: Anggota Komisi VII DPR Bobby Rizaldi mengatakan pembahasan pembatasan BBM bersubsidi antara pemerintah dan DPR yang dijadwalkan Kamis (26/1) ditunda sampai Senin (30/1).

“Pemerintah sedang menyiapkan dokumen yang lebih lengkap,” katanya, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut Bobby, pihaknya memahami alasan penundaan tersebut agar persiapan pemerintah menjadi lebih komprehensif. Sedianya, Kamis, Komisi VII DPR dan Menteri ESDM Jero Wacik akan melakukan rapat kerja dengan agenda pembatasan BBM.

Rapat dijadwalkan memutuskan apakah rencana pembatasan BBM yang diajukan pemerintah bakal disetujui atau tidak oleh DPR. Komisi VII DPR juga akan memutuskan apakah akan memilih penaikan harga atau pembatasan BBM.

Bobby melanjutkan pemerintah sepertinya masih belum yakin dengan rencana pembatasan yang akan dimulai untuk jenis premium per 1 April 2012. Karenanya, menurut dia, pemerintah lebih baik memilih kenaikan harga ketimbang pembatasan pemakaian BBM.

Pemerintah akan  menjalankan pembatasan premium bersubsidi yang dimulai di wilayah Jabodetabek per 1 April 2012. Selanjutnya, program akan menjangkau kota-kota lainnya di Indonesia hingga tuntas 2014.

Program pembatasan tersebut sudah diamanatkan dalam UU No 22 Tahun 2011 tentang APBN 2012. (Ant/OL-10)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *