Komisi VII Usul BUMD Berperan Dalam Pemanfaatan Sektor Energi dan Mineral

Bobby Adhityo Rizaldi Anggota Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI (Tim Kunker) mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Sumatera Barat (Pemda Sumbar) untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diberikan peranan dalam kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam khususnya sektor energi dan mineral.

“Dalam rangka meningkatkan PAD Sumbar, saya mengusulkan bagaimana caranya agar BUMD bisa ikut berperan dari  sektor kelistrikan,” papar Bobby saat pertemuan Tim Kunker Komisi VII DPR RI dengan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim di Istana Gubernuran di Padang Sumatera Barat, beberapa hari lalu.

Di Sumatera Barat menurut Bobby terdapat 45 lokasi yang berpotensi  bagi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dan  baru 10 lokasi yang sudah dimanfaatkan. Masih ada potensi PLTMH di 35 lokasi.

“Bagaimana caranya agar BUMD diberikan peran dalam pengusahaan PLTMH tersebut.  Jika BUMD memerlukan riset, DPR bisa minta anggaran pada Dirjen Kelistrikan,” kata politisi dari Partai Golkar.

Selain pada sektor Kelistrikan, Bobby  mengusulkan agar BUMD juga diberikan peranan dalam distribusi BBM atau LPG di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan konversi minyak tanah ke gas akan dilakukan pada 2012 melalui pembagian paket tabung gas. Dalam hal ini BUMD bisa dilibatkan dalam distribusi BBM atau LPG.” tambah Bobby. (sc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *